Fungsi Label

Sudahkah kemasan makanan kamu sesuai Food Grade
16 Desember 2015

Apa Fungsi Label?

Menurut Philip Kotler, seorang pakar marketing terkemuka di dunia yang punya andil besar dalam ilmu dan praktek pemasaran, terdapat 4 fungsi label yakni:

  1. Menentukan kelas suatu produk
  2. Mengidentifikasi produk atau merek
  3. Media promosi produk melalui desain atau gambar yang menarik perhatian
  4. Memberikan gambaran mengenai produk, seperti produsen produk tersebut, waktu pembuatannya, tempat pembuatannya, kandungan atau isi di dalamnya, penggunaan suatu produk, dan petunjuk penggunaan produk secara aman.

Label bisa berupa desain atau gambar, tulisan, atau kombinasi gambar dan tulisan yang menjadi bagian dari kemasan sebuah produk atau bisa pula berupa gantungan sederhana yang dilekatkan pada produk. Apapun bentuknya, kehadiran label kemasan sangat penting bagi konsumen.

Seperti dijelaskan oleh Kotler, fungsi label yang keempat menjadi bahan pertimbangan bagi konsumen untuk membeli atau tidak sebuah produk. Khususnya pada makanan, label kemasan membantu konsumen untuk menghindarkan dirinya dari gangguan kesehatan jika ternyata ada kandungan-kandungan pada produk yang tidak sesuai dengan kondisi kesehatannya.

Sayangnya, fungsi label produk ini masih belum dipahami sepenuhnya oleh pelaku usaha khususnya UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Masih banyak produk-produk rumahan yang dipasarkan tanpa label atau dengan label yang begitu sederhana sehingga tidak menjadi media promosi dan identitas yang unik.

Padahal saat ini telah tersedia jasa desain label dengan penawaran harga yang sangat terjangkau. Para pelaku usaha bisa berdiskusi dengan jasa desain label untuk mendapatkan desain label yang unik, menarik dan bisa menjadi media promosi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *